• MENTION RUNAWAY

    MP Runaway: Pesona MP untuk Cioray

  • Kuliah Umum

    Kuliah Umum Jurusan Manajemen Pendidikan, dengan pembicara Dr. Ir. Haidar Bagir, M.A, dengan tema "Membangun Kewirausahaan Pendidikan" Rabu, 14 Mei 2014 @Gedung Sertifikasi Guru lantai 9

  • Pendaftaran Mahasiswa Baru

    Selamat datang Mahasiswa Baru Manajemen Pendidikan 2014

  • LEADERSHIP TRAINING CAMP 2014

    Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan 2014, bertempat di Villa Ar-Rahman, Cilember, Puncak, diikuti oleh 70 Mahasiswa Aktif Manajemen Pendidikan 2014

Minggu, 07 Desember 2014

Leadership Training Camp 2014

Posted by Hima Manajemen on 03.21 with No comments

Leadership Training Camp atau yang biasa disebut LTC pada tahun 2014 ini mengusung tema "MP BERAKSI". Diharapkan dari tema tersebut peserta LTC 2014 dapat Menjadi Pemimpin Berkarakter, Religius, dan Peduli. Seperti tahun-tahun sebelumnya. Acara LTC ini dibagi menjadi 2 rangkaian, Pra dan Pass LTC.

Pra-LTC dilaksanakan Tanggal 17 Oktober (Jum'at) 2014 dan Pass-LTC dilaksanakan Tanggal 07-09 November 2014 di Villa Ar-Rahman, Cilember, Puncak.
Hem....Cukup lama bukan rentang waktunya?

Bukan merupakan acara pertama kalinya untuk MP, LTC merupakan acara tentang pelatihan kepemimpinan yang diadakan oleh Departemen Kaderisasi HIMA MP FIP UNJ. Acara ini bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa baru 2014. Acara ini selalu ada tiap tahun, lalu apasih yang membedakan LTC tahun lalu dengan LTC tahun ini?

LTC tahun ini bener-bener luar biasa :D yang diketuai oleh kak Fathurrohman (MP 2012), rangkaian kegiatan saat LTC itu apa aja sih? Yuk cekidot... J

Sebelum acara inti yakni pass LTC ada pra LTC nih temen-temen, oh iya untuk pra-nya ini bertempat di IDB 1 Kartini Ruang 705 meskipun yang dateng saat pra itu ga sampe setengah dari jumlah mahasiswa baru 2014 tapi ga mengurangi semangat mereka yang hadir untuk terus mengikuti acara pra ini :D. Layaknya acara biasa diawali dengan sambutan dari Kajur kita Bu Nurhattati Fuad, dilanjutkan dengan pembacaan tilawah Al-Qur’an agar diberkahi Allah rangkaian acaranya.


Okeh lanjuuut.... setelah tilawah ada materi pertama terkait PEMILU yang dibawakan oleh mantan ketua KPU tahun lalu yaitu kak Rahmat Satria Bahari. Di materi awal ini dijelaskan tentang teknis PEMILU lalu ketentuan PEMILU dan aturan-aturan dalam PEMILU. Diakhir acara ada simulasinya loh :D, jadi mahasiswa 2014 dipersilahkan maju 2 orang laki-laki dan wanita sebagai kandidat pencalonan ketua, lalu sang calon menunjuk orang yang akan menjadi tisunya untuk mempromosikan dirinya. Daaan... terpilihlah 2 kandidat dan 1 orang tisu dari masing-masing kandidat :D. Serunya menyaksikan tisu mempromosikan kandidatnya hingga mengundak gelak tawa dari teman-temannya :D.


Setelah materi ini ada apa lagi ya...? Daaan setelah materi ini ada perkenalan dari DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa), mereka bawain apa aja sih? Yang pasti mereka memperkenalkan diri lalu memaparkan penjelasan tentang DPM itu apa dan fungsi dari DPM itu apa J. Serunya melihat perkenalan ini karna terkesan santai dan cukup banyak canda tawa :D. Ada apalagi nih kira-kira? Penasaran kaaaan? :D

Setelah acara perkenalan DPM ada materi selanjutnya tentang Event Organization yang dibawakan oleh kak Muhammad Nurhadi (MP 2010). Apasih event organization? Event organization ini adalah bagaimana kita mampu menyusun sebuah sistematika sebuah organisasi untuk melaksanakan event. Pemaparan tentang apa itu event organization lalu seperti materi pertama tadi ada simulasinya nih :D. Simulasinya adalah mereka diharuskan membentuk sebuah kelompok yang nantinya mereka akan menyusun sebuah struktur organisasi untuk event yang akan dijalankan lalu dipresentasikan kedepan J.





Daaaan akhirnya selesai sudah acara Pra LTCnya oh ia ditutup dengan do’a J. Pastinya acara ini akan sangat berkesan banget nih buat peserta soalnya mimin aja masih terbayang-bayang saking serunya acara ini :D.

Nah sekarang kita ngebahas Pass LTCnya nih :D

Hari pertama dimulai dengan registrasi peserta terlebih dahulu nih....


Dari sebelum keberangkatan kita ada apel bareng nih, yaa kaya pelepasan dari kajur gitu dehh. Ada sepatah duapatah kata dari Kajur MP Bu Nurhattati Fuad tentang LTC dan bagaimana kita disana nanti J. Dan ada juga dari Bu Desi Rahmawati selaku Pembina HIMA MP.




Okeh next, setelah apel kita langsung meluncur ke lokasi LTC lokasinya di Villa Ar-Rahman, Cilember, Puncak. Setelah sampai lokasi kita disambut oleh sholat jum’at untuk yang laki-lakinya dan yang wanita mentoring J

Lanjuuut.... selanjutnya pemeriksaan atribut oleh kakak TDK tepat di depan halaman villa. Setelah semua selesai diperiksa dan peserta sudah dievakuasi di dalam villa :D 


mulailah acara pertama yaitu perkenalan HIMA MP FIP UNJ periode 2014-2015 J. Disini bentuknya bincang-bincang dengan seluruh pengurus HIMA MP :D.

Setelah itu dilanjutkan dengan acara presentasi kelompok tentang rumbel-rumbel yang udah mereka kunjungi untuk kemudian dibuatkan vidionya yang isinya adalah program yang mereka canang yang mereka lakukan di Rumbel tersebut J kegiatan ini diselingi dengan sholat ashar. Selanjutnya acara presentasi kelompok tentang proposal kegiatan yang akan mereka buat dari hasil ATM BEM/HIMA/HMJ jurusan lainnya J.


setelah itu mereka makan, nah ini yang membuat solidaritas teman-teman peserta makin erat, makan bersama.


Setelah semuanya selesai saatnya mereka untuk istirahat ^_^. Eehh tapi tunggu dulu sampai disini belum selesai nih rangkaian acara di hari pertama, ternyata ada kegiatan inspeksi mendadak dari TDK wow.... kebayang kan betapa kagetnya mereka ketika sedang asik tidur namun dibangunkan hehhe... tapi fungsi dari kegiatan ini adalah supaya panitia tau apakah mereka membawa sesuatu yang tidak di perbolehkan dibawa saat acara LTC ini. Okeh setelah itu mereka lanjut istirahat lagi.... J

Hari kedua Lets goooo....

Okeh kita mulai agenda hari kedua dengan sholat qiyamul lail dan ngaji bareng ^_^. Setelah itu mereka dikumpulkan di sebuah lapangan untuk diberikan hukuman hasil dari apa yang mereka perbuat selama rangkaian LTC ini tapi bagi yang melanggar aja loh :D. 


Okeh cukup tegang-tegangnya sekarang kita bugarkan badan kita, saatnya olahraga :D. Unik banget nih sesi olahraga kali ini, para peserta olahraga diiringin sama lagu tapi dengan lagu yang berbeda-beda dan tempo yang berbeda pula dan yang jadi instruktur olahraganya ya mereka sendiri para peserta.



Okeh setelah memperbugar diri kita isi perut dulu supaya badan fit dan sehat agar bisa melaksanakan kegiatan LTC dihari kedua ini J.



Okeh kalau jasmani udah kita juga perlu nih persiapan rohani J sholat dhuha dulu ^_^. Neext kita meluncur ke sekolah SDN Jogjogan untuk melakukan kegiatan pengabdian masarakat J, setelah sampai disambut hangat oleh kepala sekolahnya langsung deh kita mulai pengabdian masarakatnya, mereka perkelompok bertugas untuk mengajar di dalam kelas tapi berhubung kelasyna dikit jadi 1 kelas bisa diisi oleh 2 kelompok J. Okeh setelah mengajar kita sempet foto juga nih pemberian hadiah dari mahasiswa 2014 untuk sekolah SDN Jogjogan J.





Selanjutnya kita meluncur lagi ke villaaa :D okeh setelah sampai kita lanjut ke acara selanjutnya yakni Debat tentang MEA J. Jadi debat ini berisi pecahan dari masing-masing kelompok untuk kemudian dijadikan kelompok baru dimana mereka nanti akan membahas tentang MEA namun dari fraksi yang berbeda pula dan difasilitasi oleh moderator dari kelompok baru tersebut J.


Setelah mereka berlelah untuk menuangkan buah pikirannya selanjutnya ada materi dari dosen tercinta kita Bapak Dr. Suryadi tentang “Leadership and Public Speaking”.

Next dilanjut oleh materi tentang “Pergerakan Mahasiswa” oleh kak Pradipta Hendrawan Putra J. Kebayang kan seru banget materi-materinya dan yang pasti semua materi itu sangat berguna buat para peserta J.



Okeh karna udah malam mereka diberikan waktu beristirahat dan sholat, selanjutnyaaa materi lagi nih yang ga kalah bermanfaatnya tentang Persidangan ang dibawakan oleh Ketua DPM MP FIP UNJ kak Lutfi Cahaya Wahyu dan yang paling serunya adalah adanya simulasi sidang yang dilakukan oleh peserta LTC J.




Wow setelah 1 hari ini melakukan pengabdian masarakat dan penuh dengan materi akhirnya saatnya mereka beristirahat J. Okeh selamat tiduuur ^_^
Hari ketiga finisshhh....

Seperti agenda dihari kedua diawali dengan sholat qiamul lail dan setalah itu kita lanjut ke tafakur alam nih... tafakur alam ini dilakukan untuk menguji kemampuan mereka terkait apa yang mereka dapat selama LTC dan juga sekaligus sebagai wahana perkenalan dengan kakak-kakak alumni untuk mempererat kekeluargaan MP J. Pada Tafakur Alam ini peserta diharuskan untuk mengunjungi ke-5 pos yang ada, dan di masing-masing pos terdapat penguji yang terdiri dari berbagai alumni dan panitia dari berbagai angkatan. Pada pos terakhir yaitu pos 5, semua peserta dikumpulkan dan mereka diajak oleh Pemateri yaitu Kak Gilang Cahyo (MP 2011) untuk merenungi keadaan Indonesia saat ini, sambil diiringi oleh lagu-lagu perjuangan mahasiswa dan ditambah api unggun, menjadikan pos ini destinasi terakhir peserta.



Next, setelah reuni dengan kakak-kakak alumni selesai kita lanjut acaranya sholat subuh dan tilawah J. Setelah ini mereka sarapan dan langsung nih mulai acara hari ketigaaaaa :D, perkenalan kakak alumni tiap angkatan mengawali acara pagi ini J. Setelah semua alumni dari angkatan 2004, 2006, 2008, 2009, 2010 dan kaka tingkat dari angkatan 2011 sampai 2013 memperkenalkan diri







kita lanjut dengan agenda outbond :D. Ada 3 pos yang disana ada 3 games dimana sistem permainannya adalah versus dengan kelompok lainnya :D
ada pos "Ball to the Top" dan ada juga "Bom Atom".





okeh setelah selasai outbound langsung deh kita saksiin yel-yel tiap kelompok dan jargonnya J. serta filosofi dari nametag yang mereka buat. Tak terasa hari sudah siang mereka diberikan waktu untuk bersih-bersih makan siang dan sholat zuhur.
Dan berakhirlah rangkaian acara LTC 2014. Ditutup dengan Pemberian Apresiasi kepada Peserta Terbaik Putra (Rifqi), Peserta Terbaik Putri (Silviana), Peserta Teraktif (Imam Muttaqin), dan Kelompok Terbaik (Kelompok 7).
Jika ingin melihat video yel-yel kelompok terbaik, ini dia linknya https://www.youtube.com/watch?v=2HaV_uhwAFk
Sebelum kembali ke kampus tercinta, para peserta LTC 2014 sempat berfoto bersama.

Tak mau kalah, panitia juga ikut berfoto bersama lhoooo


Para peserta LTC 2014 berfoto bersama dengan panitia LTC 2014.

"Alhamdulillah telah terlaksana acara Leadership Training Camp 2014 dengan tema MP Beraksi di Villa Ar-Rahman, Cilember, Puncak. Ucapan syukur yang tak terhingga kepada Allah SWT yang telah memberikan kelancaran atas keberlangsungan LTC 2014. Terimakasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja ikhlas, semoga Allah membalas pengorbanan teman-teman sekalian. Terimakasih kepada peserta, yang telah mengikuti rangkaian acara ini dengan penuh semangat dan antusiasme. Dan juga kepada kaka tingkat dan alumni yang telah hadir dan menyempatkan waktunya untuk bertemu adik-adik 2014. Sejatinya terlalu singkat waktu 3 hari untuk membentuk seorang pemimpin. Namun setidaknya, kalian telah memiliki bekal awal untuk menjadi seorang pemimpin. Ambillah bekal itu, dan mulailah menapaki jalan menuju masa depan dengan hati yang ikhlas dan berani. Semoga apa yang teman-teman 2014 dapat bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat kedepannya. Bukan hanya lelah dan letih." -Fathurrohman (MP 2012, Ketua Pelaksana LTC 2014)-

Ini dia testimoni para peserta setelah mengikuti LTC 2014 :
  • Berasa banget kekeluargaannya, dapat pengetahuan banyak, ada perubahan yang baik dari dalam diri - Rista Hutammy (MP 2014) -
  • Setelah 3 hari ikut LTC sekarang lebih mensyukuri hal kecil. Banyak juga dapat pengalaman yang berharga. Terimakasih HIMAMP dan Panitia. - Nurul Ambami (MP 2014) -
  • Terimakasih atas 3 hari yang berharga, semoga ilmu yang kami dapat bisa kami terapkan dalam kehidupan sehari-hari. - Naufaldy Ramadhan (MP 2014) -
  • Terimakasih 3 hari spesialnya, satu kata buat keluarga besar MP FIP UNJ. AWESOME! - Silviana Oktaferi (MP 2014) -
  • Terimakasih untuk ilmu dan pendisiplinan dirinya selama 3 hari kaka panitia :) - Yusof Imaddudin (MP 2014) -
  • Makasih 3 hari 2 malemnya kaka panitia dan TDK, semoga semua pembelajarannya dapat diterapkan! tetap kompak dan solid MP 2014! - Imam Muttaqin (MP 2014) -
Ini dia testimoni dari Alumni :
  • Sukses untuk acara LTCnya! Semoga yang kami share bisa bermanfaat untuk adik-adik semua ya. MP GO MP! -Tri Purnomo (MP 2004)-
#LTC2014 #MPBERAKSI #MPGOMP

Selasa, 11 November 2014

Open Recruitment MP EXPO 2014

Posted by Hima Manajemen on 03.22 with 1 comment
Kabar gembira! Oprec Kepanitiaan MP EXPO 2014 sudah resmi dibuka! 
Oprec ini merupakan kesempatan untuk kalian yang ingin berkontribusi dalam kepanitiaan MP EXPO 2014. 

Syarat untuk dapat mengikuti seleksi kepanitiaan: 
1. Mahasiswa Manajemen Pendidikan Angkatan 2013-2014 
2. Siap berkontribusi dalam keadaan apapun 


"Jika anda hanya selalu melakukan hal yang sama, maka anda akan mendapatkan hasil yang sama pula" -Anthonny Robbins-

Segera daftarkan dirimu & tunjukkan kontribusimu!

Senin, 06 Oktober 2014

Video Sosialisasi LTC 2014

Posted by Hima Manajemen on 22.12 with No comments

Sabtu, 13 September 2014

OPEN RECRUITMENT PANITIA LTC 2014

Posted by Hima Manajemen on 01.31 with No comments
Kabar gembira! Oprec Kepanitiaan Leadership Training Camp (LTC) 2014 sudah resmi dibuka! 
Oprec ini merupakan kesempatan untuk kalian yang ingin berkontribusi dalam kepanitiaan Leadership Training Camp (LTC) 2014. 

Syarat untuk dapat mengikuti seleksi kepanitiaan: 
1. Mahasiswa Manajemen Pendidikan Angkatan 2012-2013 
2. Siap berkontribusi dalam keadaan apapun 
3. Telah Mengikuti Pengaderan Tingkat Jurusan (re: LTC)

Pendaftaran secara Online: 15-17 September 2014 di link http://tinyurl.com/moouuae
Interview: 18-19 September 2014 (Tempat : Sekretariat HIMA MP, Waktu : Menyusul)
Pengumuman: 21 September 2014 

"Jika anda hanya selalu melakukan hal yang sama, maka anda akan mendapatkan hasil yang sama pula" -Anthonny Robbins-

Segera daftarkan dirimu & tunjukkan kontribusimu!

"Bila ada 1000 mujahid, Pastikan aku lah satu diantaranya. Bila ada 100 mujahid, Pastikan aku lah satu diantaranya. Bila ada 10 mujahid, Pastikan aku lah satu diantaranya. Bila ada seorang mujahid, Aku lah yang mengenggamnya."